Handphone Hilang? Cari Dengan Cara Melacak Nomor Telepon

Pernah kehilangan handphone android dan kebingungan gimana cara melacak nomor telepon yang ada di handphone kamu itu? Hal yang kita bahas kali ini akan penting buat kamu para pengguna android. Ini karena smartphone android kebanyakan, tidak dibekali find My iPhone layaknya iOS.

Melacak handphone yang hilang sebenarnya dapat dilakukan dengan cara melacak nomor telepon. Namun tidak hanya itu saja, mengingat pelacakan nomor telepon membutuhkan verifikasi dari nomor tersebut. Atau secara lebih jelasnya, harus ada yang meng-iyakan request tersebut dari handphone yang hilang itu.

Ini akan susah, mengingat handphone yang sedang hilang, atau kecurian tidak akan bisa melewati proses verifikasi. Simplenya, mana mungkin pencuri membiarkan dirinya terlacak. Dan lagi, seandainya handphone itu cuma tertinggal di kolong kasur. Maka tidak akan ada orang yang menjawabnya bukan?

Sebenarnya untuk melacak handphone, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya menggunakan aplikasi android. Menggunakan fitur find phone yang ada di Google. Atau juga bisa dengan menggunakan aplikasi bawaan handphone itu sendiri. Misalnya handphone produksi Xiaomi yang sudah menghadirkan fitur ini.

Cara Melacak Handphone Dengan Aplikasi

Melacak handphone dengan aplikasi bisa dilakukan dengan mendownload aplikasi Find My Phone. Find my phone ini hampir serupa dengan aplikasi bawaan yang ada di smatphone dengan OS iOS. Aplikasi ini akan membantu kamu mencari android kamu yang hilang atau kecurian. Dengan bantuan akses GPS yang telah dikembangkan selama lebih dari 5 tahun oleh developernya. Find my phone ini dapat memberikan data paling akurat jika dibandingkan aplikasi yang lainnya.

Nantinya setelah login dan memasukkan password. Kamu akan bisa langsung ditayangkan peta dimana handphone kamu sedang berada. Sekaligus penunjuk arah untuk mencapai lokasi handphone tersebut. Canggih kan?

Kemudian aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan adalah Device Manager. Android device manager ini sudah terinstall di setiap android. Sehingga kalian pengguna android bisa langsung melacak keberadaan smartphone kalian. Untuk menggunakannya cukup mengakses Google Setting melalui website kemudan akan ditunjukkan keberadaan smartphone yang kalian inginkan melaluli akses Google Profile yang ada di handphone tersebut. Bahkan aplikasi ini juga bisa memerintahkan ponsel untuk berdering agar handphone tersebut mudah untuk ditemukan ketika si pemilik berada di lokasi yang tidak begitu jauh.

Selanjutnya ada aplikasi Cerberus yang bisa dibilang merupakan aplikasi pelacak yang cukup terkenal. Cerberus ini memiliki banyak fitur yaitu menyetting dan mengunci handphone dari jarak jauh. Kemudian membunyikan alarm dengan volume paling besar selama beberapa menit. Mengirimkan pesan dan menampilkannya di layar ponsel. Termasuk memiliki akses ke kamera handphone dan mengambil gambar dari jarak jauh.

Icon aplikasi ini juga bisa disembuyikan dari daftar aplikasi sehingga orang lain yang tidak memiliki handphone ini tidak akan pernah tau. Dan fitur yang paling juara adalah, ditambahkannya fitur perekam suara melalui audio yang bisa diakses dari jarak jauh.

Meski beberapa aplikasi diatas bisa membantu seseorang dalam mencari keberadaan handphonenya yang sedang hilang atau dicuri. Namun aplikasi aplikasi tersebut bisa disalah-gunakan dengan tujuan spying, atau hal hal lainnya yang melanggar hukum.

Tentunya kamu sebagai pengguna android yang bijak harus berhati hati dan waspada unutk tidak menyebarkan id atau profil Google kamu sembarangan. Plus tidak memberikan informasi dengan mudah kepada orang luar yang baru dikenal.

Leave a Reply