Mau Beli Smartphone Gaming? Jangan Terburu, Pertimbangkan Hal Ini Dulu

Kalau kamu menganggap semua smartphone pada dasarnya sama karena digunakan untuk memudahkan berkomuniasi dengan orang lain, nampaknya kamu perlu mengubah mind set itu deh.

Kini zaman sudah makin berkembang. Smartphone baru, dikembangkan untuk membantu mewujudkan keinginan konsumennya disesuaikan dengan minat konsumennya. Ada smartphone yang lebih menitikberatkan pada kameranya, ada juga smartphone yang secara khusus cocok untuk para gamer.

Para gamer dulu sangat bergantung pada PC untuk bermain game, tapi sekarang tak lagi. Para gamer ‘lari’ ke smartphone untuk menuntaskan hasratnya bermain game.

Tapi sekali lagi, tak semua smartphone mumpuni untuk diajak bermain game. Biar tak salah pilih, ini pertimbangan yang harus dilakukan sebelum membeli smartphone gaming. Simak yuk :

  1. Memori internal

Game biasanya akan ‘memakan’ memori internal smartphonemu mengingat game yang diunduh biasanya akan langsung disimpan di memori internal smartphone. Jadi sebelum membeli, pastikan memori internalnya cukup buat menampung ukuraan game dan tak menghambat kinerja smartphonemu.

Pada dasarnya memori internal yang melebihi 50 persen akan membuat kinerja smartphone jadi loyo. Biar smartphone tak loyo, pastikan smartphone gaming milikmu memiliki memori internal setidaknya 16GB supaya bisa mendownloaad dan bermain banyak game tanpa perlu bermasalah.

  • RAM

Kapasiitas RAM di satu smartphone kan amat sangat mempengaruhi kinerja smaartphone saat bermain game dengan ukuran file yang besar. Kalau RAM-nya kecil maka aktifitasmu bermain game dijamin bakal terganggu dengan peristiwa-peristiwa lagging yang parah.

Nah buat yang ingin bermain game tanpa hambatan di smartphone, baiknya belilah smartphoneyang punya RAM besar. Soal angka setidaknya jika ingin membeli smartphone gaming , pilihlah yang ukuran RAM-nya 3GB.

  • Kualitas layar

Layar yang berkualitas tak berarti sama dengan besar. Pertimbangkan ukuran layar dan resolusi smartphone. Bahwa kualitas layar yang baik akan sangat mempengaruhi kepuasan bermain game.

Berapakah ukuran layar yang paling pas untuk bermain game? Setidaknya ukurannya minimal 5’’ dengan memiliki resolusi HD (High Definition) agar gambar bisa lebih tajam dan clear.

  • Ketahanan baterai

Gak mau dong lagi asyik-asyik bermain game yang terjadi justru smartphone sedikit-sedikit low batt? Kapasitas baterai yang besar punya peran vital dalam memilih smartphone gaming. Mau RAM besar, memori internal ciamik, akan percuma kalau kapasitas baterainya kecil.

Para gamer tak mungkin hanya menghabiskan waktu yang sebentar untuk bermain game. Daya tahan baterai ikut jadi taruhan untuk bisa bermain game dengan baik. Setidaknya carilah baterai smartphone gaming yang berukuran lebih besar dari 3.000 mAh. Ini tujuannya supaya mencegah kerusakan baterai dan pengurasan daya baterai secaara berlebihan.

  • CPU dan GPU

GPU yang satu ini bukan obat gosok lho! 😀

GPU dan CPU punya peranan penting yang juga memengaruhi kualitas saat bermain game di smartphone. CPU atau prosesor yang ada di smartphone bertujuan untuk menampilkan gambar dan grafik dengan kualitas baik, nah sedangkan GPU posisinya adalah untuk mampu membuat permainan game HD berjalan dengan lancar.

Kalau mau permainan game di smartphone berjalan tanpa hambatan yang berarti maka kamu harus membeli smartphone yang CPU dan GPUnya kualitas terbaik, apalagi kalau kamu sudah sangat ingin memainkan game yang kualitasnya HD.

Bagaimana sudah terpuaskan dengan beragam pertimbangan sebelum membeli smartphone gaming? Kalau sudah mantap membeli satu tipe tertentu, jangn main game terus lho. Ingat, kesehatanmu…

Leave a Reply