9 Film Perang Terbaik yang Diambil dari Kisah Nyata, Menegangkan!

Banyak peristiwa sejarah yang menarik untuk diabadikan, sehingga akhirnya dibuat menjadi film layar lebar. Termasuk peristiwa perang yang terjadi di masa lampau. Berikut film perang terbaik yang diangkat dari kisah nyata.

Film perang terbaik ini didominasi kisah dari Perang Dunia II

1. Saving Private Ryan (1998)

film perang terbaik
Poster film Saving Private Ryan. foto/imdb

Film yang dirilis pada 1998 ini dibintangi oleh Tom Hanks, Edward Burns, Jeremy Davies, dan Matt Damon. Film ini menampilkan petualangan Captain John H. Miller bersama timnya dalam mencari salah satu anggota pasukan terjun payung, Ryan, yang tengah berada di medan perang. Ryan harus segera kembali ke Amerika Serikat karena dia merupakan anak laki-laki terakhir yang masih hidup, sementara tiga kakaknya sudah tewas. John diminta mencari dan menarik mundur Ryan dari peperangan. Kisah ini terinsiprasi dari seorang prajurit Amerika Serikat pada Perang Dunia II bernama Frederick ‘Fritz’ Niland.

Keberhasilan film ini tidak hanya secara komersial, tapi juga prestasi. Di ajang Academy Awards 1999, Saving Private Ryan berhasil meraih lima penghargaan, termasuk “Sutradara Terbaik”.

Nah, kalau kamu penasaran dengan film ini, kamu bisa menontonnya secara streaming di Netflix.

2. Black Hawk Down (2001)

Poster film Black Hawk Down. foto/imdb

Black Hawk Down merupakan film drama perang yang berdasarkan kisah nyata dalam buku berjudul Black Hawk Down karya Mark Bowden. Kejadian ini terjadi pada 3 Oktober 1993 di Mogadishu, Somalia. Saat itu, dua helikopter tentara Amerika, Black Hawk, tertembak dan jatuh di tengah titik area berbahaya. Para awak pun harus saling melindungi. Mereka harus tiba markas. Tidak boleh ada yang tertinggal meski sudah jadi mayat.

Film Black Hawk Down mendapat dua penghargaan Oscar dalam kategori “Best Film Editing” dan “Best Sound”. Film ini bisa kamu tonton secara streaming di Amazon Prime Video.

3. We Were Soldiers (2002)

Poster film We Were Soldiers. foto/imdb

Film yang dirilis pada 2002 ini menceritakan bagaimana perjuangan prajurit AS melawan vietnam di medan perang. Cerita berawal dari kondisi tentara Amerika Serikat yang mulai terdesak. Melihat keadaan tersebut, pemerintah AS memberlakukan wajib militer kepada seluruh warganya. Mereka membentuk sebuah pasukan penyerang elit yang dipimpin oleh seorang Letnan, Hal Moore yang diperankan oleh Mel Gibson.

Pasukan khusus itu terdiri dari 400 prajurit yang kebanyakan masih berusia muda. Beberapa diantaranya adalah orang yang baru saja menikah, baru saja memiliki anak dan bahkan ada diantara mereka yang kakak beradik. Di medan perang, prajurit-prajurit muda itu harus menghadapi tak kurang dari 2000 tentara Vietnam yang terkenal sadis dan kejam.

Film garapan Randall Wallace ini diangkat dari kisah nyata pertempuran antara pasukan AS dan Vietnam di Ia Drang, Vietnam pada 1965. We Were Soldiers bisa kamu nikmati lewat layanan streaming Amazon Prime Video.

4. Lone Survivor (2013)

Poster film Lone Survivor. foto/imdb

Film Lone Survivor diangkat berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada 2005. Film perang satu ini mengambil sudut pandang yang setara antara tentara dan cerita perang. Film ini mengisahkan tim Navy Seal yang mendapat misi buruk, yaitu menangkap seorang ketua Taliban.

Namun, saat menjalani misi tersebut, dari keempat tentara yang bertugas, hanya tersisa satu yang selamat yaitu Marcus Luttrel. Keberuntungan menyelamatkan Marcus. Setelah serangkaian kondisi perang epik yang dihadapi Marcus, tentara Amerika datang menjemputnya. Saat ini, film Lone Survivor bisa kamu nikmati di Amazon Prime Video.

Baca Juga: Daftar Smartphone Ringan yang Bisa Buat Nonton Film Dimanapun

5. American Sniper (2014)

Poster film American Sniper. foto/imdb

Film American Sniper merupakan adaptasi dari kisah nyata seorang penembak jitu asal Texas, Chris Kyle. Kisah Kyle diangkat karena keberhasilannya menembak 160 warga Irak yang menjadi ancaman dengan tepat sasaran. 

Film ini mengisahkan sosok Chris Kyle (Bradley Cooper), anggota Navy Seal, tokoh utama film ini, yang lahir dan tumbuh di Texas. Ia sedari kecil digembleng oleh ayahnya cara menembak dan berburu. Keahlian Kyle semakin terasah seiring berjalannya waktu yang membuatnya menjadi koboi rodeo. 

Suatu hari Kyle tidak sengaja mendapati kekasihnya berselingkuh. Dia merasa frustasi. Ditambah beberapa alasan lainnya, dia memutuskan untuk bergabung dengan Navy Seal Amerika Serikat (AS). 

Setelah kejadian 9/11, AS menganggap bahwa ini merupakan serangan dari teroris Al-Qaeda, maka Kyle dan timnya ditugaskan menuju Irak. Misi utamanya membunuh pimpinan Al-Qaeda. Misi pertamanya tergolong berhasil. Kyle juga disebut sebagai legenda atas tembakannya yang selalu tepat pada musuh.  Dimana kamu bisa menontonnya? Kamu bisa menontonnya di Amazon Prime Video.

6. Fury (2014)

Poster film Fury. foto/imdb

Film ini bercerita mengenai lima serdadu dari pihak Amerika Serikat dan Sekutu yang mendapat tugas menembus pusat pertahanan lawan dalam Perang Dunia II. Nah, Fury merupakan nama tank andalan mereka dalam menghadapi pasukan Jerman. Tank itu pula yang melindungi mereka menghadapi 300 infanteri. Pasukan pimpinan Don Collier ini penuh drama. Ada yang religius dan pembaca fanatik Alkitab hingga juru ketik yang tidak mengerti soal perang. Klimaksnya, saat lima tentara Amerika itu harus menghadapi ratusan pasukan Jerman, hanya si juru ketik yang selamat.

Fury diangkat dari kumpulan kisah nyata dari kehidupan nyata tentara veteran yang menghabiskan waktu mereka selama Perang Dunia II di tank, seperti kru tank Collier yang diperankan oleh Brad Pitt di film tersebut. Tonton film ini di layanan Amazon Prime Video.

7. Hacksaw Ridge (2016)

Poster film Hacksaw Ridge. foto/imdb

Film ini terinspirasi dari kisah nyata Desmond T. Doss dengan latar Perang Dunia II. Doss terkenal sebagai sosok yang tidak mau mengangkat senjata. Dia sampai disiksa agar mundur dari militer.

Hal itu tidak menghalangi Doss (Andrew Garfield) untuk ikut perang. Dia tidak hanya selamat, tapi juga menyelamatkan banyak orang. Hingga saat ini, dia pun menjadi orang pertama di Amerika Serikat yang dianugerahi “Medal of Honor” tanpa pernah menembakkan senjatanya. Kamu bisa tonton film ini di CatchPlay dan Amazon Prime Video.

8. 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi (2016)

Poster film 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi. foto/imdb

Satu lagi kisah nyata yang diangkat menjadi film layar lebar, yakni serangan yang terjadi di Benghazi, Libya pada tanggal 11 September 2012, malam hari. Kejadian tersebut merupakan upaya pertahanan kedutaan di Libya yang diserang oleh organisasi radikal setempat. 

Film ini bercerita tentang  enam mantan pasukan elit yang menjaga kedutaan Amerika. Saat itu terjadi konflik di Libya, para teroris melancarkan serangan ke berbagai tempat. Salah satu tempat yang rawan adalah kedutaan besar Amerika Serikat di Benghazi, Libya. Untuk mempertahankan keamanan kedutaan dan warga Amerika di Libya, Central Intelligence Agency (CIA) menyewa jasa enam mantan pasukan elit tentara. Tentu keadaan semakin hari semakin rumit, apalagi sentimen terhadap bangsa Amerika. 

Para mantan pasukan elit ini harusnya cukup terbantu dengan pasukan sekutu mereka di Libya. Sayangnya, para pasukan sekutu tidak sepenuhnya membantu Amerika. Kini enam mantan pasukan elit ini harus menjaga kedutaan dan warga Amerika yang berada di sana. Keadaan ini bisa berlangsung berjam-jam. Perlu strategi dan upaya khusus agar semua bisa selamat. Film ini bisa kamu saksikan di Amazon Prime Video.

Baca Juga : Butuh Laptop untuk Nonton Film Sekaligus Bisa untuk Kerja atau Kuliah? Ini Rekomendasinya

9. Dunkirk (2017)

Poster film Dunkirk. foto/imdb

Dunkirk diambil dari kisah pertempuran Dunkirk yang berlangsung pada 1940. Berlatar musim panas 1940 selama Perang Dunia II, film Dunkirk menceritakan operasi militer luar biasa yang dikenal dengan sebutan “Operasi Dynamo”. Setelah didesak ke pantai oleh pasukan Jerman, ribuan tentara Inggris dan Perancis terdampar di pantai utara Prancis. Saat pasukan musuh mengepung mereka, tentara-tentara Sekutu memiliki 2 pilihan saja: menyerah atau dimusnahkan. 

Namun, berkat kepahlawanan luar biasa dari pimpinan armada sipil, lebih dari 330.000 tentara Sekutu tersebut berhasil diselamatkan dari kehancuran. Menceritakan kisah evakuasi tentara di Dunkirk, film ini dibuka saat salah seorang pemuda Inggris bernama Tommy (Fionn Whitehead) bersama 2 rekannya, yakni Gibson (Aneurin Barnard) dan Alex (Harry Styles), berusaha mengevakuasi para tentara di pantai utara Prancis, dengan cara apa pun termasuk melibatkan warga sipil. Penasaran bagaimana kisahnya? Tonton di CatchPlay atau Amazon Prime Video.

Ketika menonton film perang terbaik ini, tidak hanya adegan tembak-menembak yang akan kalian lihat. Kita semua bisa belajar banyak hal, seperti sejarah, masalah sosial, psikologi, dan nilai-nilai kemanusiaan. Nah, diantara film perang terbaik tadi mana yang paling memukau menurut kamu?

Leave a Reply