11 Rekomendasi Film Horor Terbaik Buatan Sineas Indonesia

Berbeda dengan awal tahun 2000-an yang banyak menyuguhkan adegan intim dengan wanita berpakaian minim dan miskin cerita. Film horor Indonesia saat ini berkembang begitu baik. Bukti paling nyata adalah dinobatkannya salah satu film horor sebagai pemenang Piala Citra di Festival Film Indonesia 2020, ajang penghargaan paling bergengsi di Indonesia dalam hal perfilman. Apa saja rekomendasi film horor terbaik buatan sineas lokal? Berikut ulasannya. 

Film horor terbaik ini terkenal di banyak festival film Internasional 

Film Horor Terbaik
Poster film Pengabdi Setan. foto/imdb

1. Pengabdi Setan (Satan’s Slave)

Menjadi salah satu film horor terbaik bagi banyak pecinta film horor, Pengabdi Setan bercerita tentang sebuah keluarga yang sedang tidak bahagia. Sebabnya adalah kondisi ekonomi mereka yang terus terpuruk setelah sang ibu yang seorang penyanyi kondang meninggal dunia akibat jatuh sakit selama tiga tahun belakangan. 

Kematian sang ibu tidak hanya meninggalkan duka, tapi juga menyisakan misteri yang terus menghantui dan mengganggu keluarga. Secara perlahan, misteri yang menyelimuti kematian sang ibu terungkap dan menjawab arti di balik judul film ini. 

Film Pengabdi Setan memenangkan penghargaan di Overlook Film Festival di Amerika Serikat dan juga memenangi penghargaan ‘Scariest Film Award’ di Seven-night Popcorn Frights Film Festival di Florida, Amerika Serikat. Tidak hanya itu, film ini juga tayang di International Film Festival Rotterdam dan Toronto After Dark Festival pada tahun 2018. Hebat ya! 

2. Perempuan Tanah Jahanam (Impetigore)

Film Horor Terbaik
Poster film Perempuan Tanah Jahanam. foto/imdb

Masih dengan sutradara yang sama dengan Pengabdi Setan. Film Perempuan Tanah Jahanam menceritakan perempuan kota kalangan bawah bernama Dini (Marissa Anita) yang menemani Maya (Tara Basro) kembali ke kampung halaman untuk mendapatkan hak waris tanah keluarga Maya. 

Sayangnya, desa yang mereka kunjungi bukan desa biasa. Penduduk di kampung halaman Maya ternyata telah lama mencari dirinya demi mengakhiri kutukan disana. Berhasilkah Maya menghentikan kutukan dan keduanya keluar dari desa menyeramkan tersebut? Nah, kamu bisa mencari jawabannya dengan menonton film ini.

Tidak hanya berhasil memenangi Piala Citra di Festival Film Indonesia 2020 sebagai Film Cerita Panjang Terbaik, film ini juga berhasil tayang di ajang festival film bergengsi internasional seperti Sundance Film Festival di Utah, Amerika Serikat, International Film Festival Rotterdam di Belanda, dan Göterborg Film Festival Swedia pada tahun 2020. Sangat membanggakan!

Remake film horor terbaik yang tidak kalah bagus dengan versi orisinalnya 

3. Suzanna: Bernapas dalam Kubur

Adegan dalam film Suzanna: Bernapas dalam Kubur. foto/Soraya Intercines Film

Siapa yang tidak kenal dengan Suzanna? Aktris yang tutup usia di 2008 lalu ini mendapatkan julukan sebagai ratu horor Indonesia. Sepuluh tahun berselang lepas kepergian sang ratu, sosok ikonis Suzanna dibangkitkan melalui film berjudul Suzanna: Bernapas dalam Kubur.

Film ini bercerita tentang kisah sepasang suami istri bernama Satria (Herjunot Ali) dan Suzzanna (Luna Maya) yang sudah lama menikah namun belum dikarunia keturunan. Kerinduan akan buah hati menjadi kenyataan setelah sang istri dinyatakan hamil. 

Mendengar kabar ini, Satria menjadi girang bukan kepalang. Sayangnya, hal buruk terjadi pada Suzanna. Mitos menyebutkan bahwa seorang ibu yang meninggal dalam keadaan mengandung akan berubah menjadi sundel bolong. Terlepas dari cerita film ini, kamu akan benar-benar melihat sosok Suzanna pada diri Luna Maya. 

4. Ratu Ilmu Hitam

Poster film Ratu Ilmu Hitam. foto/imdb

Film yang diadaptasi dari horor legendaris Suzzanna ini menceritakan tiga anak panti beserta keluarganya: Hanif (Ario Bayu), Jefri (Miller Khan), dan Anton (Tanta Ginting), untuk menjenguk pemilik panti, Pak Bandi (Yayu Unru). Namun, satu per satu dari mereka mengalami keganjilan yang tak kunjung reda, hingga mereka harus menghadapi kengerian yang telah menunggunya di panti.

Nah, serunya dalam film ini adalah banyak tokoh perempuan dalam Ratu Ilmu Hitam yang sejak awal kamu disuruh menebak siapa sang ratu sebenarnya. Sampai-sampai, kita berprasangka pada beberapa orang. Pengembangan karakter pun dibangun pelan-pelan hingga menuntun kepada sang ratu.

Baca Juga: Daftar Smartphone Ringan yang Bisa Buat Nonton Film Dimanapun

Bikin bergidik, film-film ini bergenre thriller tapi bernuansa horor bagi penonton

5. Pintu Terlarang

Poster film Pintu Terlarang. foto/imdb

Diadaptasi dari novel berjudul serupa karya Sekar Ayu Asmara, kisah berpusat pada karakter utama bernama Gambir. Gambir merupakan seorang pematung sukses yang sudah menikah namun tidak bisa memiliki anak. Kehidupan Gambir awalnya tampak mulus dan santai saja meski menyimpan berbagai rahasia. Hingga suatu hari ia merasa mendapatkan “sinyal” dari seorang bocah laki-laki yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

Pesan-pesan itu memecah konsentrasinya berkarya. Dia pun terdorong buat mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang memenuhi pikirannya. Apa yang terjadi ketika Gambir mendapatkan jawaban? Kamu harus cari tahu dengan menontonnya.

6. Modus Anomali

Poster film Modus Anomali. foto/imdb

Film ini bercerita tentang sebuah keluarga tengah berlibur disebuah villa kecil di tengah hutan. Liburan mereka awalnya terasa sangat menyenangkan sampai akhirnya mereka semua terbunuh. Saat itulah muncul sosok Evan yang tiba-tiba hilang ingatan dan dihadapkan oleh berbagai bukti bahwa baru saja terjadi pembunuhan mengerikan.

Mulai dari rekaman terbunuhnya seorang wanita, serta berbagai senjata yang tampaknya baru saja digunakan untuk membunuh. Siapakah sebenernya Evan? Dan mengapa keluarga tersebut dibunuh? Teka-teki inilah yang akan kamu temui jawabannya lewat film horor Modus Anomali karya Joko Anwar.

7. Rumah Dara (Macabre)

Poster film Rumah Dara. foto/imdb

Berkisah tentang sepasang suami istri dan teman-teman mereka yang bertemu dengan seorang gadis di tengah perjalanan. Dengan baik hati, mereka mengantarkannya pulang. Sebagai rasa terima kasih, ibu gadis tersebut, Dara, menyiapkan makan malam untuk mereka. Dari situlah, teror dimulai.

Yap, makan malam yang seharusnya menyenangkan ternyata adalah sebuah perangkap. Dara yang berpenampilan klasik sekaligus dingin membuka tabirnya sebagai sosok yang beringas. Apa yang terjadi berikutnya akan membuat kamu bergidik!

Film horor terbaik klasik jawa yang nyanyiannya bikin merinding hingga saat ini

8. Kuntilanak

Film Horor Terbaik
Poster film Kuntilanak. foto/imdb

Film ini mengisahkan Samantha, gadis broken home yang memutuskan untuk keluar dari rumah dan pindah ke sebuah kost-kost-an misterius. Tak disangka, Samantha ternyata memiliki garis keturunan untuk memanggil Kuntilanak. 

Ditambah lagi, keluarga pemilik Kost tersebut ternyata pernah melakukan pesugihan kepada Kuntilanak. Keanehan makin terjadi pada Samantha yang di dalam kamarnya terdapat cermin keramat, yang menjadi penghubung dunia manusia dan dunia gaib. Bagaimana kelanjutan teror Kuntilanak dalam kehidupan Samantha? Cari tahu jawabannya di film horor terbaik satu ini.

9. Mangkujiwo

Poster film Mangkujiwo. foto/imdb

Mangkujiwo merupakan film horror khas Indonesia dengan referensi budaya yang etnik. Film ini lebih mengungkap kisah sebelum Kuntilanak menjadi sosok gaib, namun dimulai dari kisah malang mantan penari ronggeng bernama Kanti yang diperlakukan bagai binatang dan akan membuat kita tidak nyaman. Dari film ini kamu akan tahu cerita tentang cermin kembar yang selalu ada di film Kuntilanak.

Masa lalu orangtua yang membawa teror horor pada keluarga

10. Kafir: Bersekutu dengan Setan

Poster film Kafir Bersekutu dengan Setan. foto/imdb

Film ini berkisah tentang satu keluarga yang mengalami kejadian tak terduga. Pada suatu hari, sang bapak tiba-tiba mengeluarkan beling dari mulutnya dan meninggal dunia. Sejak saat itu, kehidupan keluarga tersebut berubah. Sang ibu mulai mendapat kejadian-kejadian aneh dan mistis. Mereka sekeluarga pun berusaha memecahkan hal mistis yang terjadi dengan meminta pertolongan dukun kampung, yang justru turut membawa petaka. Kafir merupakan film horor terbaik Indonesia yang meraih banyak pujian karena filmnya yang cukup mencekam. Tonton jika kamu penasaran bagaimana ceritanya.

Baca Juga : Butuh Laptop untuk Nonton Film Sekaligus Bisa untuk Kerja atau Kuliah? Ini Rekomendasinya

11. Sebelum Iblis Menjemput

Poster film Sebelum Iblis Menjemput. foto/imdb

Film ini bercerita tentang Alfie (Chelsea Islan), seorang perempuan yang dihantui masa lalunya yang kelam. Ibunya telah wafat dengan misterius sedangkan ayahnya yang bernama Lesmana (Ray Sahetapy) meninggalkannya untuk menikah kembali dengan Laksmi (Karina Suwandi). Saat Alfie mendapat kabar ayahnya sakit misterius, terdapat rahasia mengerikan yang mungkin akan membawa Alfie dan saudara tirinya Maya (Pevita Pearce) ke nasib yang lebih mengerikan. 

Jika film horor campur thriller di Indonesia sudah biasa, film ini justru menambah satu unsur lagi. Yap, genre gore yang mewarnai film ini bikin terasa semakin mencekam.

Nah, itulah daftar film horor terbaik karya sineas lokal. Mana yang jadi favoritmu? Atau film mana yang membuat kamu penasaran dan ingin kamu tonton? Agar tidak takut ke toilet atau tidur sendirian, ada baiknya kamu tonton bersama teman-teman ya!

Leave a Reply